This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

S.A.B.A.R



Entah kenapa belakangan demen banget yee meng-aku-kan cerita di blog ini, hahah, oke kali ini engga deh yaa, kita pakai bahasa general saja lah yaw.. hehe

Sabar, entah ada berapa banyak jumlahnya dalam Al’quranul karim,, sabar sabar sabar dan sabar, banyak sekali diulang-ulang.. Itu artinya sebagai manusia kita perlu melatih diri untuk menjadi insan yang sabar. Allah tak akan meninggalkan hamba-hambaNya yang sabar dalam menghadapi persoalan dalam hidupnya, dan Allah telah berfirman  bahwa

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (١٥٣)
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Qs Al Baqarah : 153)
Taken from muslimah.or.id

Sebenernya apapun persoalan hidup yang kita hadapi macem putus cinta, gak lulus-lulus, gak buruan dapet kerjaan kece, gak buruan naik pangkat, gak buruan ketemu jodoh, gak buruan nikah, gak buruan punya anak, hmm emang itu semua masalah ya gan?? Hehe,, sebenernya sih engga juga asalkan kita enjoy ngejalanin hidup kita.

Lebih seringnya kita hidup itu ngedengerin celoteh oranglain, padahal mah belum tentu oranglain itu lebih baik daripada kita, asalkan celotehannya ngebangun sih gak masalah ya boo, but mostly mereka itu sering kali nyinyir sama kisah hidup kita gitu, dikit-dikit dikomentarin, Tuhan aja gak komentar kok??! Situ oke?? Hahaha, suka pengen cubit-cubit mulut orang yang suka nyinyir deh ya, eh sabar sabar :D

Nah balik lagi ke kata sabar ya bro,sist,
Sabar ada batesnya, bener gak sih,, hmm, sebenernya sih kurang sepakat sih ya, tapi yah kembali lagi ke diri masing-masing, kalo dirasa sih kata sabar itu mendarahdaging dan bergaris linier dengan kadar keimanan seseorang?? Emm bener gak ya, apa cuma halusinasi eike???

Sabar itu rasanya kaya apa sih??

Coba tarik nafas dan hembuskan, sering-sering aja melakukannya kalo lagi dongkol yah cint,, sama banyak istighfar,, kalo masih dongkol juga ambil wudhu deh biar adem,, kalo gak mempan juga yah baca alqur’an sama terjemahannya, kayanya bakalan mendingan, hehe,, jadi rasa sabar kaya apa dong?? Sabar itu ikhlas, ridho, menjalani apapun yang terjadi kepada kita, sekaligus selalu berfikir positif, bahwa rencana Allah pasti akan lebih indah daripada angan-angan kita. Ini sabar versi gue ya cinnttt.. hehe

Percaya gak percaya, dengan lebih banyak bersabar, insya Allah setiap keinginan akan terwujud, asalkan kita semangat untuk berbuat baiknya juga tetep konsisten ya gan,, kalo sabar hanya di mulut, tapi hatinya putus asa mah ya gak mungkin kewujud juga, misalnya ketika kita gagal mendapatkan sesuatu, kitanya angot-angotan, gagal move-on, males-malesan macem mayat hidup, yaa gimana mo sukses oi,, tetapi jika kita gagal lalu stay positive, khusnudzon sama ketetapan Allah, bersemangat dan riang gembira, ya pasti bakalan bangkit dan Berjaya bukan?? Bukankah Allah selalu memberi sesuai dengan apa yang kita usahakan??

"Ajruki 'ala qadri nashabiki" (Ganjaranmu tergantung kadar lelahmu)
HR. Muslim

Jadi buat naik kelas selalu ada ujian kesabaran, berarti iman kita harus juga ditambah fren, kalo kemarin uda rajin sholat, ya ditambah rajin ngaji, begitu seterusnya, karena mo jadi orang baik atau buruk semuanya tergantung sama diri kita. Mo dapet nikmat atau bencana semua tergantung perspektif kita menghadapinya, bisa jadi bencana itu nikmat, misalkan abis kebanjiran, yah gapapa deh kebanjiran, malah rumah jadi lebih bersih, jadi lebih punya waktu sama keluarga karena dapet dispensasi libur bersih-bersih rumah dari kantor, hahaha.. Imajinasikan sendiri ya gan bencana dalam hidupmu, bikin jadi asik deh, insya Allah gak pake dongkol-dongkolan lagi..

Eh iya itu tadi hadits belom dibahas yee,, yah sesuai dengan kutipan hadits di atas, kalo kamu belom ngerasa capek, berarti jangan harap bakal dapet hal-hal yang lebih ya broo, nah kalo misalkan kalian uda capek kebangetan tapi belom juga dapet hal yang menakjubkan ya bisa jadi ada yang salah, coba dicek ulang:
  1.  Ikhlas gak usahanya
  2.  Pake cara yang bener gak ngejalaninnya
  3.  Sikap kita uda bener belom (bisa jadi buat muhasabah diri juga loo cint)
  4. Terakhir yah sabar,, kalo gak dapet di dunia toh ntar dibayar lunas di akhirat kok, yakin deh yakin beneran (kaya uda pernah ke akhirat aja, hmm)


Yauda lah ya cint, kalo ada apa-apa sama hidup kalian jangan langsung ngeluh, ngamuk, ngambek, marah-marah sana sini, tapi banyakin istighfar, sama sabar, barang kali emang diri kita yang salah kok, karena apa yang kita tanam kita pula yang akan menuai, jadi selagi masih diberi nafas yuk bareng-bareng perbanyak berbuat kebaikan, semoga umurnya berkah ya cint :D


Sekian..

0 komentar:

Posting Komentar

sumonggo dipun komen :)