This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PKPI/ Sandwich PMDSU 2018




Tulisan ini dibuat sebagai informasi bagi para mahasiswa s3.. terutama bagi mahasiswa PMDSU Batch III dan seterusnya.. Pas dulu pembekalan rada pusing dengan banyak istilah yang baru pertama kali denger, jadi mending di-keep disini aja biar khalayak pada tahu, ga capek juga jelasin satu-satu.. hahaha

Bagi mahasiswa s3 tentunya hal yang dinantikan adalah terciptanya sebuah novelty yang dapat dinikmati karyanya melalui sebuah tulisan, yaitu publikasi.. Tujuan dari kegiatan PKPI adalah sebagai bentuk untuk meningkatkan karya publikasi internasional, ya kepanjangannya aja Program Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional.. Program ini bersaing guys, jadi buat para mahasiswa s3 yang umumnya adalah dosen, mereka diseleksi, untuk program PMDSU pun juga seleksi karena di PMDSU Batch II ini jumlah awardee nya ada 357 orang, dan yang berhak mendapatkan kesempatan ke LN sekitar 100 orang, 30-an orang sudah berangkat pada tahun 2017 dan sisanya tahun 2018..

Jadi, berhubung seleksi ya harus maksimal guys persiapannya, terutama masalah skor TOEFL. Hmm, dari tahun 2017 aku uda latihan buat upgrade sampai 560, mungkin karena mentok latihan terakhir cm bisa dapet di sekitar 520-an dan endingnya ujian dengan hasil 510, pasrah dong..

Syarat-syarat buat daftar sih seputar
  1. sertifikat TOEFL,
  2. LoA yang didalamnya memuat bench fee,
  3. bukti korespondensi dengan calon supervisor di LN,
  4. paper yang telah publish,
  5. proposal kegiatan,
  6. bukti lulus seminar proposal
  7. surat ijin dari promotor maupun dekan


Nah seleksinya meliputi administrasi dan wawancara, alhamdulillah masuk ke tahap wawancara, pada sesi ini lebih ditekankan pada tujuan riset, kemudian seputar profil supervisor disana, betul mampu tidak mengarahkan kita, hal ini juga dapat sekaligus menilai kedekatan kita dengan spv di LN. Ada yang tidak lolos wawancara karena tidak begitu paham dengan calon spv, ada yang baru kenal 1-2 minggu, dan seputar itu.. Pastikan juga kita mengerti apa yang akan dilakukan di LN nanti.

Begitu diumumkan menjadi peserta PKPI yang diterima, ga langsung bebas tugas ya, justru tugas makin banyak melengkapi dokumen administrasi terutama karena pergi dengan uang negara. Jadi alurnya adalah
  • Paspor yang masih valid
  • Pembukaan buku tabungan seri Gold (biasanya deposit dulu limaratus ribu, sebagai rekening yang khusus untuk pencairan dana PKPI, supaya tidak ada keluhan kok belum masuk ya, karena dana hanya akan ditransfer pada rekening yang belum memiliki aktivitas finansial, ini peraturan ya, tentang bank yang jenis apa tergantung Kemenristekdikti kerjasama dengan bank mana, 2018 menggunakan BNI, pencairan dana yang lancar umumnya 2 minggu setelah tandatangan kontrak)
  • Persiapkan surat ijin berangkat dari dekan dilengkapi tanggal keberangkatan, nanti ada dokumen yang lain yang harus dilampirkan untuk pengajuan Guarantee Letter (cek aja di brosur yang kalian dapatkan begitu kalian dinyatakan diterima)
  • Pengajuan Guarantee Letter (surat ini isinya bahwa Kemenristekdikti menanggung biaya hidup kita selama sekian bulan di luar negeri, dinyatakan sesuai dengan mata uang negara tujuan, dikeluarkan oleh Kasubdit, jadi internal Kemenristekdikti, biasanya kalau merubah2 bulan atau tanggal keberangkatan masih bisa ditoleransi)
  • Pengajuan SP Setneg (surat ini adalah surat yang menerangkan bahwa kita diijinkan pergi untuk kegiatan penelitian dengan program PKPI menggunakan sumber dana Kemenristekdikti, surat ini adalah surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Sekretariat Negara Biro Kerjasama Teknik Luar negeri, artinya surat ini eksternal, jadi jangan sampai ada perubahan apapun dalam pengajuan ini, pastikan semua sudah FIX, tanpa surat ini kalian tidak bisa memproses TIKET PP)
  • Pembuatan Visa (prosedurnya tergantung dari negara tujuan masing-masing, please jangan tanya staf Kemenristekdikti masalah visa, tidak ada kaitannya dengan mereka)
  • Penerbitan Tiket (dilakukan pada agen yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti, mereka hanya akan melayani yang sudah memiliki GL, SP Setneg dan Visa, untuk persis tanggalnya terserah kita, yang jelas di kisaran 7 hari sebelum dan sesudah dari bulan yang dipilih)
  • Tanda tangan kontrak (biasanya H-1 sebelum berangkat, atau kalau mau 1 bulan sebelum juga boleh asalkan semua dokumen uda beres, yang jelas datang ke kantor Kemenristekdikti subdit SDID)

That’s it.. Sampai di negaranya pun kalian wajib minta stempel ya ke KBRI atau KJRI, karena kalian datang dengan uang negara.. Ok sekian cerita resminya, cerita serunya akan dibahas pada chapter berikutnya..

0 komentar:

Posting Komentar

sumonggo dipun komen :)