This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Mari Belajar :)



Heiii, buat yang kena syndrom males pra ujian, pasti sebel deh, kenapa justru pas mo ujian malah pengennya maeen ajaaa, khhhhhhhhh. Ok ok, saya juga tidak hanya satu dua kali mengalaminya, bahkan sudah langganan. Sedikit merasa berdosa sih ketika semuanya berlalu, tapi kalo ada solusinya kenapa harus pasrah, ayoooo dong semangat ;)

Well, berdasarkan buku yang saya baca, pokoknya seinget saya buku cetakan Jogja, lupa gak nyatet pengarangnya, hhehe. Maaf ya Om saya tempel disini wejangan-wejangannya :D hhehe..
Jadi buat buang rasa males itu kita harus membuat Belajar Selezat Coklat, seperti judul buku yang isinya saya akan tulis disini :D hhaha. Seperti kutipan yang saya catat dari The Sixth Diary of Nind tanggal 26 Februari 2009. Wahai saudaraku, engkau tak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 hal, yaitu :

1. cerdas:: maksudnya kita harus cerdas memilih ilmu mana yang baik dan benar, tidak boleh terjerumus dalam mempelajari sesuatunya.

2. tamak:: kita harus serakus mungkin dalam mempelajari sesuatunya, gak boleh setengah-setengah dan harus total!

3. sungguh-sungguh:: ibaratnya kita tak boleh membiarkan perhatian kita lepas dari ilmu yang kita pelajari itu, harus FOKUS FOKUS dan FOKUS!

4. dirham:: jika kita mempelajari sesuatu, maka ada kalanya kita membiarkan recehan bahkan uang yang berlebih untuk menebusnya, selalu ada harga yang dibayar ketika ingin mendapatkan sesuatu, misalnya saja saat ingin lebih mengerti tentang dunia tulis-menulis, pasti tak akan melewatkan seminar atau pameran buku, duit amblas deh :D

5. sohiban dengan guru:: yah apapun tingkatan kita belajar, selalu ada guru yang mendidik kita, so biar ilmu gampang nampol ke otak nih, ada baiknya jika kita sering bercengkrama dengan guru-guru kita, dengan diskusi bersama mereka maka niscaya ilmu kita akan bertambah sedikit demi sedikit.

6. lamanya waktu:: nah, ketika kita ingin bisa expert pada ilmu tertentu, maka kita harus sesering mungkin mempelajari hal itu, seiring dengan berjalannya waktu karena kebersamaan yang tak putus, maka niscaya ilmunya awet deh :D

Sipb, itu baru kalo  mau mendapatkan ilmu sih, nah kita kembali ke “Topik” bahwa bagaimana caranya membuat diri kita tak lagi malas, mengusir setan-setan yang menggoda diri :D jadi jawabannya adalah .... tetoot ;) kita harus menekankan pada diri kita bahwa yang kita pelajari itu setidaknya mendapatkan ridho dari Allah, haiiooo mau gak mau gak dapet ridho dari Allah ketika belajar?? Ok, caranya  begini ::
-          Sebelum belajar maka seyogyanya kita berwudhu terlebih dahulu :)
-          Abis wudhu, mari berdoa ;)
-          Baca al. Qu’ran atau Al-Fatihah atau paling simple Ta’awudz aja deh
-          Kalau baca sesuatu itu yang bermanfaat dan berpikirlah yang sedang kamu pelajari sekarang adalah sesuatu yang penting dan harus wajib dipelajari!
-          Ikatlah makna dari yang dipelajari itu, ambillah poin-poin pentingnya
-          Memoring:: jadi cobalah untuk mengingat-ingatnya kembali, jadi ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk belajar, biasanya kalo pagi pas matahari belum menyingsing atau seusai beristirahat baiknya kita belajar yang berat-berat, terus kalo mau bobo kita belajarnya yang tinggal ngulang-ngulang gitu, jadi lebih nempel materi yang diserap, hhehe
-        Libatkan emosi, nah ketika sedang belajar kita harus keukeuh! Gak boleh terpengaruh sama apapun pokoknya, belajar y belajar :D
-          Diulang-ulang
-          Buat kalimat-kalimat ringan dan segar buat ngafalin yang susah-susah, diplesetin juga boleh deh
-          Kalo mo belajarnya damai maka kita harus nyiapin timing yang ok begitu pula tempatnya, harus special juga cui :D


Kaya gini nih ceritanya kalo cuplikan dari buku, kadang gak rasional juga sih, tapi gak ada salahnya buat dicoba. Yang jelas, malas itu benar-benar gak bisa ditolerir! Jujur saja saya juga berat jika sedang mengalaminya, tapi kita harus berpikir dan yakin dengan hasil yang nantinya kita dapet, gak FAIR lah kalo kita males dapet hasil yang bagus, maka sebelum kita menyesal karna gak belajar,, seharusnya kita canangkan dan kobarkan tinggi kata-kata ini “DO THE BEST!” lakukan yang terbaik yang kalian bisa Guys! Gak boleh lemah sama yang namanya malas atau masalah yang sedang mendera, tinggalkanlah mereka sejenak. Mereka hanya parasit yang akan menggerogoti dan menjatuhkan kita. Yakin yakin yakin dan berserah dirilah kepada sang Khalik ;) eh satu lagi,, ingat wajah orangtua kita, yang sudah dengan ikhlas membiayai kehidupan kita, sekolah kita dan everything-lah, so biar gak ngecewain makanya harus BELAJAR!!
Selamat Belajar :)

2 komentar:

dani mengatakan...

lumayan bisa mengingatkan kembali dengan wejangan orang dulu.
tapi btw judulnya belajar selezat coklat tapi mana coklatnya ya?

Guanind mengatakan...

coklatnya ada di toko :)
boleh diambil pake duit sendiri yaaah ;)
terimakasih atas kunjungannya

Posting Komentar

sumonggo dipun komen :)